Rabu, 14 Desember 2011

Kematian Sondang, Peringatan Bagi Politisi


Sondang Hutagalung. Foto: Humas RSCM
JAKARTA -- Kematian aktivis mahasiswa Sondang Hutagalung setelah membakar diri di depan Istana Negara, Jakarta, mendapatkan tanggapan simpatik dari anggota DPR Rieke Dyah Pitaloka. Aksi bakar diri Sondang itu memberikan pesan agar para politisi Senayan, jangan coba-coba mengkhianati dan memermainkan rakyat dalam hal apapun.

"Kematian Sondang memberi pesan kepada para politisi agar transaksi dalam bentuk apapun di dunia politik  harus dihentikan," kata Rieke, Minggu (11/12), di Jakarta. Dia mengaku terkesan dengan aksi mahasiswa UBK itu, yang mengingatkan penguasa agar memperjuangkan nasib rakyat.

Politisi PDI Perjuangan itu mengingatkan, ketika seorang pemuda yang mengorbankan nyawanya demi negeri ini, anggota DPR jangan coba-coba  menghianati amanat rakyat.

Salah satu bentuk pengkhianatan itu adalah melakukan transaksi jual beli pasal saat membuat Undang-undang seperti yang selama ini kerap dituduhkan publik kepada DPR.

"Pokoknya Jangan lakukan deal-deal kotor  dengan kekuasaan dan penguasa saat menerima pengaduan rakyat. Tidak hanya itu, jangan juga coba-coba permainkan duit rakyat di APBN," katanya.

Rieke mengingatkan, Anggota DPR RI juga jangan berpura-pura melakukan pengawasan dan studi banding ke luar negeri, tapi  pulang tanpa laporan sedikit pun kepada rakyat.

Selain menyentil legislatif, bekas artis yang lebih dikenal dengan nama Oneng, itu pun mengingatkan eksekutif maupun yudikatif bahwa hal-hal semacam itu harus dicegah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar